Daftar Isi:
  • pemahaman konsep pada tema indahnya kebersamaan setelah diterapkannya model Contextual Teaching And Learningberbantuan media Crossword Puzzlepada siswa kelas IV SDN Widorokandang Pati. Pemahaman konsep IPA merupakan kemampuan siswa dalam memahami konsep materi yang diperoleh dari pengalaman belajar yang dimilikinya dengan tujuan yang dicapai serta dapat mengaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Contextual Teaching And Learningmerupakan konsep belajar yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran tema 1 Indahnya Kebersaman melalui penerapan model Contextual Teaching And Learningberbantuan media Crossword Puzzlekelas IV SD Negeri Widorokandang Pati. Penelitian Tindakan kelas akan dilaksanakan di kelas IV SDN Widorokandang dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus degan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas yaitu model pembelajaran Contextual Teaching And LearningBerbantuan Media Crossword Puzzledan variabel terikat yaitu pemahaman konsep siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Crossword Puzzle daapt meningkataka pemahamn konsep siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajr guru. Hal ini dapat dilihat dari nilai rat-rata kemampuan pemahaman konsepn siklus I sebesar 70,6 dan siklus II sebesar 82,3. Sedangkan presentase ketuntasan klasikal kemampuan pemahaman konsep siswa pada siklus I sebesar (35%) dengan kriteria sangat rendah dan meningkat pada siklus II (82,3%) dengna kriteria tinggi. Presentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar (70%) dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II (89%) dengan kriteria sangat baik. Sedangkan presentase keterampilan mengajr guru pada siklus I sebesar (70%) dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II (82%) dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Crossword Puzzledapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa, mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, dalam mengelola pembelajaran pada tema 1 indahnya kebersamaan. Sedangkan saran yang dapat peneliti berikan model Contextual Teaching And LearningdenganBerbantuan Media Crossword Puzzledapat diterapkan pada materi dan tema yang berbeda