ctrlnum 11221
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/11221/</relation><title>Penerapan model teams games tournament berbantuan media ular tangga engklek terhadap peningkatan hasil belajar siswa tema 5 subtema keseimbangan ekosistem kelas v sdn widorokandang</title><creator>JULIARTO, FRANDIKA FAJAR</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media ular tangga engklek dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru pada muatan IPS dan Bahasa Indonesia kelas V SDN Widorokandang.&#xD; Hasil belajar merupakan pencapaian akhir dari proses belajar mengajar. Teams Games Tournament merupakan model pembelajaran yang menekankan aktivitas siswa dalam bentuk belajar dan bermain melalui turnamen. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan guru kelas V SDN Widorokandang.&#xD; Penelitian ini dilaksanakan pada kelas V SDN Widorokandang Pati dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Teams Games Tournament berbantuan media ular tangga engklek. Sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar dan keterampilan guru. Instrumen penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dan kuantitatif.&#xD; Hasil belajar aspek pengetahuan siswa muatan IPS meningngkat cukup signifikan antara siklus I (60%) dan siklus II (80%). Muatan Bahasa Indonesia dengan kekuntasan pada siklus I sebesar (65%) dan siklus II (80%). Peningkatan hasil belajar aspek keterampilan siswa muatan IPS pada siklus I 65% (baik) menjadi 80% (baik) siklus II. Muatan Bahasa Indonesia siklus I 55% (cukup baik) menjadi 80% (baik). Keterampilan guru juga mengalami peningkatan pada siklus I 79,5% (baik) mmenjadi 92,5% (sangat baik). &#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan pada kelas V SDN Widorokandang dapat disimpulkan bahwa penerapan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media ular tangga engklek dapat meningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan guru pada tema 5 subtema keseimbangan ekosistem. Peneliti memberikan saran agar model Teams Games Tournament (TGT) dapat diterapkan dalam pembelajaran dan dikembangkan dengan penggunaan alat peraga sesuai dengan materi sehingga siswa dengan mudah menyerap materi.</description><date>2019</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11221/1/Hal.%20Judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11221/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11221/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11221/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11221/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11221/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11221/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11221/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11221/9/LAMPIRAN%20.pdf</identifier><identifier> JULIARTO, FRANDIKA FAJAR (2019) Penerapan model teams games tournament berbantuan media ular tangga engklek terhadap peningkatan hasil belajar siswa tema 5 subtema keseimbangan ekosistem kelas v sdn widorokandang. Skripsi Sarjana thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>11221</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author JULIARTO, FRANDIKA FAJAR
title Penerapan model teams games tournament berbantuan media ular tangga engklek terhadap peningkatan hasil belajar siswa tema 5 subtema keseimbangan ekosistem kelas v sdn widorokandang
publishDate 2019
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/11221/1/Hal.%20Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11221/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11221/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11221/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11221/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11221/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11221/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11221/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11221/9/LAMPIRAN%20.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11221/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media ular tangga engklek dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru pada muatan IPS dan Bahasa Indonesia kelas V SDN Widorokandang. Hasil belajar merupakan pencapaian akhir dari proses belajar mengajar. Teams Games Tournament merupakan model pembelajaran yang menekankan aktivitas siswa dalam bentuk belajar dan bermain melalui turnamen. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan guru kelas V SDN Widorokandang. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas V SDN Widorokandang Pati dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Teams Games Tournament berbantuan media ular tangga engklek. Sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar dan keterampilan guru. Instrumen penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar aspek pengetahuan siswa muatan IPS meningngkat cukup signifikan antara siklus I (60%) dan siklus II (80%). Muatan Bahasa Indonesia dengan kekuntasan pada siklus I sebesar (65%) dan siklus II (80%). Peningkatan hasil belajar aspek keterampilan siswa muatan IPS pada siklus I 65% (baik) menjadi 80% (baik) siklus II. Muatan Bahasa Indonesia siklus I 55% (cukup baik) menjadi 80% (baik). Keterampilan guru juga mengalami peningkatan pada siklus I 79,5% (baik) mmenjadi 92,5% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan pada kelas V SDN Widorokandang dapat disimpulkan bahwa penerapan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media ular tangga engklek dapat meningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan guru pada tema 5 subtema keseimbangan ekosistem. Peneliti memberikan saran agar model Teams Games Tournament (TGT) dapat diterapkan dalam pembelajaran dan dikembangkan dengan penggunaan alat peraga sesuai dengan materi sehingga siswa dengan mudah menyerap materi.
id IOS3090.11221
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-09-02T22:13:46Z
last_indexed 2019-09-02T22:13:46Z
recordtype dc
_version_ 1765996411678097408
score 17.13294