Mengurangi perilaku hedonisme melalui layanan bimbingan kelompok teknik live model pada siswa kelas xi tkj smk mambaul falah kudus tahun pelajaran 2017/2018
Main Author: | ANGGADINATA, WISNU |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/11216/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/11216/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/11216/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/11216/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/11216/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/11216/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/11216/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/11216/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/11216/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/11216/ http://eprints.umk.ac.id |
ctrlnum |
11216 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/11216/</relation><title>Mengurangi perilaku hedonisme melalui layanan bimbingan kelompok teknik live model pada siswa kelas xi tkj smk mambaul falah kudus tahun pelajaran 2017/2018</title><creator>ANGGADINATA, WISNU</creator><subject>Konsultas dan konseling pendidikan</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Tujuan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan penerapan layanan bimbingan kelompok teknik live model untuk mereduksi perilaku hedonisme pada siswa kelas XI TKJ SMK Mambaul Falah Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. 2. Mendeskripsikan perilaku hedonisme pada siswa kelas XI TKJ SMK Mambaul Falah Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik live model.
Perilaku hedonisme yang muncul pada siswa kelas XI TKJ SMK Mambaul Falah Kudus yaitu perilaku mengingingkan segala barang mewah dan terlihat lebih baik dari siswa lain. Selektif dalam berteman, atau hanya mau berteman jika orang tersebut memberikan manfaat pada dirinya. Kemudian perikau hedonisme ditunjukan dengan sulit berbagi rezeki untuk mereka yang kurang mampu. Bimbingan kelompok adalah kegiatan kelompok diskusi yang menunjang perkembangan pribadi dan perkembangan sosial masing-masing individu dalam kelompok, serta meningkatkan mutu kerja sama dalam kelompok guna aneka tujuan yang bermakna bagi para peserta.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan bimbingan konseling. Subjek yang diteliti adalah 7 siswa kelas XI TKJ SMK Mambaul Falah Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik mixedmethoddengan menggabungkan analisis data kuantitatif dengan diperkuat dengan data kualitatif agar diperoleh simpulan penelitian yang lebih kuat.
Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik live model, perilaku hedonism anggota kelompok diketahui dalam skor rerata 44,29 (89%) kategori (Sangat Tinggi). Setelah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok pada siklus I diketahui anggota kelompok memperoleh skor rerata 31,29 (63%) kategori (Cukup). Pada siklus II diketahui perilaku hedonisme anggota kelompok mendapatkan skor rerata 22,43 (45%) kategori (Rendah).
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1. Penerapan layanan bimbingan kelompok teknik live model untuk mengurangi perilaku hedonisme pada siswa kelas XI TKJ SMK Mambaul Falah Kudus pada siklus I memperoleh skor 52 (52%) kategori (Cukup). Pada siklus II penerapan layanan bimbingan kelompok teknik live model memperoleh skor 80 (80%) kategori (Baik). 2. Perilaku hedonisme pada siswa kelas XI TKJ SMK Mambaul Falah sebelum tindakan diketahui berada pada skor 44,29 (89%) kategori (Sangat Tinggi). Setelah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik live model pada siklus I diketahui perilaku hedonisme berada pada skor 31,29 (63%) kategori (Cukup). Pada siklus II perilaku hedonisme berada pada skor 22,43 (45%) kategori (Rendah). Saran-saran yang disampaikan peneliti yaitu: 1. Kepala Sekolah: Kepala sekolah hendaknya memberikan kesempatan kepada guru bimbingan dan konseling untuk lebih jauh terlibat dalam kegiatan pengembangan dan pencegahan perilaku siswa, melalui kebijakan pemberian jam pelayanan di kelas. Mulai dari tingkat X hingga XII, sehingga pengembangan program pendidikan karakter, terutama karakter religius di SMK Mambaul Falah dapat berjalan dengan baik, dan siswa dapat terhindar dari perilaku hedonisme. 2. Guru Bimbingan Konseling: Guru bimbingan dan konseling hendaknya memberikan layanan responsif terhadap siswa atau kelas saat kelas tersebut diketahui ada suatu fenomena atau kejadian yang membutuhkan penangganan dari guru bimbingan dan konseling. Terutama pada siswa yang berperilaku hedonisme melalui layanan bimbingan kelompok teknik live model. 3. Siswa: Siswa hendaknya mengikuti kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di sekolah dengan baik, dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari perilaku hedonisme. 4. Peneliti selanjutnya: Peneliti selanjutnya hendaknya mengembangkan penelitian ini dengan penentuan subjek penelitian yang lebih luas, selain di lingkup sekolah. Sehingga khazanah penelitian bimbingan dan konseling dapat selalu berkembang mengikuti dinamika perkembangan masyarakat.</description><date>2018</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11216/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11216/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11216/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11216/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11216/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11216/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11216/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11216/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11216/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> ANGGADINATA, WISNU (2018) Mengurangi perilaku hedonisme melalui layanan bimbingan kelompok teknik live model pada siswa kelas xi tkj smk mambaul falah kudus tahun pelajaran 2017/2018. Skripsi Sarjana thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>11216</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
ANGGADINATA, WISNU |
title |
Mengurangi perilaku hedonisme melalui layanan bimbingan kelompok teknik live model pada siswa kelas xi tkj smk mambaul falah kudus tahun pelajaran 2017/2018 |
publishDate |
2018 |
topic |
Konsultas dan konseling pendidikan Teori dan praktek pendidikan |
url |
http://eprints.umk.ac.id/11216/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/11216/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/11216/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/11216/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/11216/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/11216/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/11216/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/11216/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/11216/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/11216/ http://eprints.umk.ac.id |
contents |
Tujuan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan penerapan layanan bimbingan kelompok teknik live model untuk mereduksi perilaku hedonisme pada siswa kelas XI TKJ SMK Mambaul Falah Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. 2. Mendeskripsikan perilaku hedonisme pada siswa kelas XI TKJ SMK Mambaul Falah Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik live model.
Perilaku hedonisme yang muncul pada siswa kelas XI TKJ SMK Mambaul Falah Kudus yaitu perilaku mengingingkan segala barang mewah dan terlihat lebih baik dari siswa lain. Selektif dalam berteman, atau hanya mau berteman jika orang tersebut memberikan manfaat pada dirinya. Kemudian perikau hedonisme ditunjukan dengan sulit berbagi rezeki untuk mereka yang kurang mampu. Bimbingan kelompok adalah kegiatan kelompok diskusi yang menunjang perkembangan pribadi dan perkembangan sosial masing-masing individu dalam kelompok, serta meningkatkan mutu kerja sama dalam kelompok guna aneka tujuan yang bermakna bagi para peserta.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan bimbingan konseling. Subjek yang diteliti adalah 7 siswa kelas XI TKJ SMK Mambaul Falah Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik mixedmethoddengan menggabungkan analisis data kuantitatif dengan diperkuat dengan data kualitatif agar diperoleh simpulan penelitian yang lebih kuat.
Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik live model, perilaku hedonism anggota kelompok diketahui dalam skor rerata 44,29 (89%) kategori (Sangat Tinggi). Setelah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok pada siklus I diketahui anggota kelompok memperoleh skor rerata 31,29 (63%) kategori (Cukup). Pada siklus II diketahui perilaku hedonisme anggota kelompok mendapatkan skor rerata 22,43 (45%) kategori (Rendah).
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1. Penerapan layanan bimbingan kelompok teknik live model untuk mengurangi perilaku hedonisme pada siswa kelas XI TKJ SMK Mambaul Falah Kudus pada siklus I memperoleh skor 52 (52%) kategori (Cukup). Pada siklus II penerapan layanan bimbingan kelompok teknik live model memperoleh skor 80 (80%) kategori (Baik). 2. Perilaku hedonisme pada siswa kelas XI TKJ SMK Mambaul Falah sebelum tindakan diketahui berada pada skor 44,29 (89%) kategori (Sangat Tinggi). Setelah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik live model pada siklus I diketahui perilaku hedonisme berada pada skor 31,29 (63%) kategori (Cukup). Pada siklus II perilaku hedonisme berada pada skor 22,43 (45%) kategori (Rendah). Saran-saran yang disampaikan peneliti yaitu: 1. Kepala Sekolah: Kepala sekolah hendaknya memberikan kesempatan kepada guru bimbingan dan konseling untuk lebih jauh terlibat dalam kegiatan pengembangan dan pencegahan perilaku siswa, melalui kebijakan pemberian jam pelayanan di kelas. Mulai dari tingkat X hingga XII, sehingga pengembangan program pendidikan karakter, terutama karakter religius di SMK Mambaul Falah dapat berjalan dengan baik, dan siswa dapat terhindar dari perilaku hedonisme. 2. Guru Bimbingan Konseling: Guru bimbingan dan konseling hendaknya memberikan layanan responsif terhadap siswa atau kelas saat kelas tersebut diketahui ada suatu fenomena atau kejadian yang membutuhkan penangganan dari guru bimbingan dan konseling. Terutama pada siswa yang berperilaku hedonisme melalui layanan bimbingan kelompok teknik live model. 3. Siswa: Siswa hendaknya mengikuti kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di sekolah dengan baik, dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari perilaku hedonisme. 4. Peneliti selanjutnya: Peneliti selanjutnya hendaknya mengembangkan penelitian ini dengan penentuan subjek penelitian yang lebih luas, selain di lingkup sekolah. Sehingga khazanah penelitian bimbingan dan konseling dapat selalu berkembang mengikuti dinamika perkembangan masyarakat. |
id |
IOS3090.11216 |
institution |
Universitas Muria Kudus |
institution_id |
139 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus |
library_id |
630 |
collection |
Repositori Universitas Muria Kudus |
repository_id |
3090 |
subject_area |
Bahasa Ekonomi Hukum |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3090 |
first_indexed |
2019-09-02T22:13:46Z |
last_indexed |
2019-09-02T22:13:46Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765996411655028736 |
score |
17.13294 |