ctrlnum 11203
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/11203/</relation><title>Penerapan model snowball throwing berbantuan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 4 berbagai pekerjaan kelas iv sdn 02 blaru pati</title><creator>Widiyanti, Friska Wahyu</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Blaru dari keterampilan guru pada pembelajaran tema Berbagai Pekerjaan muatan IPS dan Bahasa Indonesia dengan diterapkannya model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media Puzzle. &#xD; Model Snowball Throwing adalah kegiatan belajar mengajar menggunakan bola pertanyaan dan kertas yang digulung bulat berbentuk bola kemudian dilemparkan secara bergilir di antara secara sesama kelompok. Media Puzzel merupakan media gambar yang dibagi menjadi beberapa potongan-potongan gambar dimana siswa harus mencocokkan kepingan atau potongan-potongan puzzle tersebut menjadi satu gambar yang utuh. Dalam penelitian ini penerapan model Snowball Throwing di fokuskan pada tema 4 yaitu Berbagai Pekerjaan. &#xD; Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Stephen Kemmis dan Robin Mc. Toggrat dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 Blaru dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa. Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebas yakni model pembelajaran Snowball Throwing dan media pembelajaran Puzzle. Dan yang menjadi variabel terikat yakni meningkatkan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. &#xD; Hasil Penelitian pada siklus I ranah pengetahuan siswa muatan IPS secara klasikal memperoleh persentase 52,90% (Baik) pada muatan Bahasa Indonesia memperoleh persentase 58,06% (Baik), Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase secara klasikal sebesar 86,61% (Sangat Baik) pada muatan Bahasa Indonesia sebesar 88,54% (Sangat Baik). Pada ranah keterampilan siswa pada siklus I muatan Bahasa Indonesia memperoleh rata-rata 57,05 dan IPS 73,58 kemudian meningkat pada siklus II muatan IPS memperoleh rata-rata 89,31dan Bahasa Indonesia 86,69. Hasil belajar keterampilan guru juga mengalami peningkatan. Siklus I mendapatkan 65,67% dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat dengan persentase sebesar 86,67% dengan kriteria sangat baik.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan pada siswa kelas IV melalui model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IV SDN 02 Blaru. Untuk itu disarankan guru hendaknya lebih meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar tidak membosankan serta guru perlu mengelola waktu dengan baik.</description><date>2019</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11203/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11203/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11203/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11203/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11203/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11203/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11203/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11203/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11203/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Widiyanti, Friska Wahyu (2019) Penerapan model snowball throwing berbantuan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 4 berbagai pekerjaan kelas iv sdn 02 blaru pati. Skripsi Sarjana thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>11203</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Widiyanti, Friska Wahyu
title Penerapan model snowball throwing berbantuan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 4 berbagai pekerjaan kelas iv sdn 02 blaru pati
publishDate 2019
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/11203/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11203/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11203/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11203/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11203/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11203/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11203/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11203/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11203/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11203/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Blaru dari keterampilan guru pada pembelajaran tema Berbagai Pekerjaan muatan IPS dan Bahasa Indonesia dengan diterapkannya model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media Puzzle. Model Snowball Throwing adalah kegiatan belajar mengajar menggunakan bola pertanyaan dan kertas yang digulung bulat berbentuk bola kemudian dilemparkan secara bergilir di antara secara sesama kelompok. Media Puzzel merupakan media gambar yang dibagi menjadi beberapa potongan-potongan gambar dimana siswa harus mencocokkan kepingan atau potongan-potongan puzzle tersebut menjadi satu gambar yang utuh. Dalam penelitian ini penerapan model Snowball Throwing di fokuskan pada tema 4 yaitu Berbagai Pekerjaan. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Stephen Kemmis dan Robin Mc. Toggrat dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 Blaru dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa. Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebas yakni model pembelajaran Snowball Throwing dan media pembelajaran Puzzle. Dan yang menjadi variabel terikat yakni meningkatkan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil Penelitian pada siklus I ranah pengetahuan siswa muatan IPS secara klasikal memperoleh persentase 52,90% (Baik) pada muatan Bahasa Indonesia memperoleh persentase 58,06% (Baik), Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase secara klasikal sebesar 86,61% (Sangat Baik) pada muatan Bahasa Indonesia sebesar 88,54% (Sangat Baik). Pada ranah keterampilan siswa pada siklus I muatan Bahasa Indonesia memperoleh rata-rata 57,05 dan IPS 73,58 kemudian meningkat pada siklus II muatan IPS memperoleh rata-rata 89,31dan Bahasa Indonesia 86,69. Hasil belajar keterampilan guru juga mengalami peningkatan. Siklus I mendapatkan 65,67% dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat dengan persentase sebesar 86,67% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan pada siswa kelas IV melalui model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IV SDN 02 Blaru. Untuk itu disarankan guru hendaknya lebih meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar tidak membosankan serta guru perlu mengelola waktu dengan baik.
id IOS3090.11203
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-09-02T22:13:46Z
last_indexed 2019-09-02T22:13:46Z
recordtype dc
_version_ 1765996411602599936
score 17.13294