Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Mind Mappingberbantuan media audiovisual untuk meningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar IPS materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia kelas V SDN 5 Jekulo. Hasil belajar adalah terjadinya perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang dapat di amati dan di ukur bentuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Mind Mappingatau peta pikiran adalah metode mempelajari konsep. Yang didasarkan pada cara kerja otak kita menyimpan informasi atau dapat disebut sebuah teknik pencatatan yang didasarkan pada riset tentang cara otak yang sebenarnya. Media Audio Visual yaitu jenis media yang selain mengandung unsur suara juga mengandung unsur gambar yang bisa dilihat. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar IPS dengan menerapkan model Mind Mappingberbantuan media Audio Visualpada siswa kelas V SDN 5 Jekulo. Penelitian Tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SDN 5 Jekulo dengan subjek penelitian 21 siswa. Penelitian ini berlangsung selama II Siklus,setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Mind Mapping dan Media Audio Visual. Sedangkan Variabel terikat adalah Hasil Belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketrampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dengan persentase 72,9% menjadi 85,4%. Hasil belajar pada ranah kognitif juga meningkat dilihat dari peningkatan siklus I ke siklus II yaitu dari 69,5% menjadi 85%. Pada ranah afektif juga meningkat dilihat dari siklus I ke siklus II yaitu 70% menjadi 83,5%, ranah psikomotorik juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 70% menjadi 82%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 5 Jekulo Kudus dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Mind Mappingdapat meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik pada pelajaran IPS materi Jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia kelas V SD 5 Jekulo Kudus. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat merangsang siswa agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya mata pelajaran IPS.