Peningkatan hasil belajar pkn melalui penerapan Model pembelajaran picture and picture Berbantuan media gambar pada siswa Kelas v sd negeri 02 terban
Main Author: | Angraini, Naelly Kartika Ayu |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/11179/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/11179/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/11179/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/11179/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/11179/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/11179/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/11179/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/11179/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/11179/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/11179/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan cara penerapan model pembelajaran Picture and Picture berbantuan media gambar. Hasil belajar merupakan pencapaian yang diperoleh siswa sebagai tolak ukur tingkat keberhasilan siswa dalam belajar yang diperoleh melalui proses kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Model Picture and Picture memiliki ciri aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah Model Picture and Picture berbantuan media media gambar dapat meningkatkan hasil belajar bagi peserta didik kelas V SD 02 Terban. Penelitian Tindakan Kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SD Negeri 02 Terban dengan subjek penelitian 22 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Picture and Picture berbantuan media gambar sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh 76,73% kriteria baik dan siklus II memperoleh 84,49% kriteria sangat baik. Hasil aktivitas belajar siklus I ketuntasan klasikal 61,37% kriteria cukup aktif dan siklus II memperoleh 81,82% kriteria aktif. hasil belajar PKn siswa siklus I memperoleh persentase 75,23% kriteria baik dan siklus II meningkat 77,09% kriteria baik. Pada hasil belajar afektif siklus I perolehan persentase 59,01% kategori cukup baik dan siklus II memperoleh persentase 81,82% kategori sangat baik. Dan pada hasil belajar psikomotorik siklus I perolehan 61,37% kategori baik dan siklus II yaitu 84,09% kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Picture and Picture berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi V SD 2 Terban kudus. Saran yang dapat di sampaikan adalah siswa harapkan giat dan semangat dalam mengikuti pelajaran dengan baik, dan pada pihak sekolah sebaiknya memberikan dukungan dan kesempatan kepada guru untuk mengadakan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam menguasai model pembelajaran inovatif sehingga pelajaran PKn dapat dilaksanakan dengan menyenangkan.