Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris hubungan antara kedisiplinan dan pola asuh demokratisdengan kemandirian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 2 Kaliwungu. Pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling yaitu 100 siswa. Alat pengumpul data adalah skala kedisiplinan, skala pola asuh demokratisdan skala kemandirian, ketiga skala tersebut menggunakan skala likert yang dimodifikasi menjadi 4 alternatif pilihan jawaban. Adapun metode analisis data menggunakan analisis regeresi dua predictors (regresi berganda).Hasil hipotesis mayor diperoleh rx12y = 0,606; p = 0,00 (p < 0,01) berarti ada hubungan yang sangat signifikan antara kedisiplinan dan pola asuh demokratis dengan kemandirian dengan sumbangan efektif (36,70%). Hipotesis minor pertama diperoleh rx1y = 0,603; p = 0,000 (p < 0,01) berarti adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara kedisiplinan dan kemandirian dengan sumbangan efektif (36,40%). Sedangkan hipotesis minor kedua diperoleh rx2y = 0,422; p = 0,00 (p < 0,01) berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara pola asuh demokratis dan kemandirian dengan sumbangan efektif (17,80%).