Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan hubungan interpersonal dengan komunikasi interpersonal pada remaja. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas X di SMA 1 Gebog Kudus. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling . Alat Pengumpulan data adalah skala komunikasi imterpersonal, skala konsep diri dan skala hubungan interpersonal. Ketiga skala tersebut menggunakan skala likert yang dimodifikasi menjadi 4 alternatif pilihan jawaban. Adapun metode analisis data menggunakan analisis regresi dua prediktor (regresi berganda). Hasil hipotesis mayor diperoleh rx1,2ysebesar 0,603dengan tingkat signifikasi p sebesar 0,000 (p <0,01).Hal ini menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara konsep diri dan hubungan interpersonal dengan komunikasi interpersonal pada remaja, dengan sumbangan efektifitas sebesar (36,4 %).Hipotesis minor pertama diperoleh rx1y sebesar 0,272 dengan tingkat signifikasi p sebesar 0,003 ( p < 0,01). Hal ini menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara komunikasi interpersonal dengan konsep diridengan sumbangan efektif (7,4%)..Sedangkan hiipotesis minor kedua diperoleh rx2y sebesar 0,601 dengan tingkat signifikasip sebesar 0,000 (p < 0,01). Hal ini menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara komunikasi interpersonal dengan hubungan interpersonal dengan sumbangan efektif (36,1%).