Daftar Isi:
  • Kosa kata dalam bahasa Inggris adalah kemampuan dasar dalam belajar bahasa Inggris untuk memahami arti kata karena dengan rendahnya nilai kosa kata bahasa Inggris akan membuat kesulitan seseorang dalam menguasai kosa kata. Oleh karena itu penulis mencoba untuk mencari tahu adanya perbedaan kosa kata yang significant siswa kelas VII SMPN 3 Tambakromo Pati sebelum dan sesudah belajar menggunakan Metode Katakunci Mnemonik pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperiman khususnya penelitian tak benar.Penulis melakukan uji coba sebelum melakukan pre-test kemudian dilanjutkan dengan pemberian latihan, dan post-test.Populasi yang digunakan adalah semua kelas VII dan sampelnya kelas VII A. Setelah melakukan 3 tahapan tes, kemudian penulis memberi nilai pada masing-masing tes.Nilai reliabiliti untuk ujicoba adalah 0,464 dan termasuk standar. Nilai tertinggi hasil pre-test 85, nilai terendah 37, standar deviasi 7.3, dan nilai rata-rata 63.5. Nilai rata-rata hasil post test 83.7, nilai terendah 70, nilai tertinggi 97, dan standar deviasi 6.2. Dengan demikian nilai t0 18.65 dengan tingkat signifikan 0.5, degree of freedom (df) 32, dan t-table 2.042. Sehingga t-observasi lebih besar daripada t-table.Hal ini menunjukkan adanya perbedaan signifikan dari siswa kelas VII SMPN 3 Tambakromo Pati tahun ajaran 2017/2018 sebelum dan sesudah belajar menggunakan metode katakunci Mnemonik.Berdasarkan pernyataan tersebut dikatakan null hypothesis di tolak dan hypothesis penelitian diterima. Dari hasil penelitian diatas penulis berharap guru dapat menggunakan metode tersebut dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa dapat dengan mudah mengingat kosa kata dalam bahasa Inggris. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode katakunci Mnemonic efektif untuk kegiatan belajar mengajar kosa kata bahasa Inggris bagi siswa kelas VII SMPN 3 Tambakromo pada tahun ajaran 2017/2018.