THE EFFECTIVENESS OF COOPERATIVE LEARNING MODEL IN TEACHING READING COMPREHENSION AT THE ENGLISH DEPARTMENT OF TEACHER TRAINING AND EDUCATION FACULTY OF MURIA KUDUS UNIVERSITY

Main Author: Nurcahyo, Agung Dwi
Format: Article PeerReviewed Image application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian Universitas Muria Kudus , 2009
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/10012/1/1%20Cover%20%28Journal%20Sosial%20Budaya%29.jpg
http://eprints.umk.ac.id/10012/2/2%20Halaman%20Editor%20dan%20Daftar%20Isi%20%28%28Journal%20Sosial%20Budaya%29.pdf
http://eprints.umk.ac.id/10012/3/3%20Artikel%20pdf%20%28Journal%20Sosial%20Budaya%29.pdf
http://eprints.umk.ac.id/10012/
Daftar Isi:
  • Reading Comprehension adalah salah satu keahlian berbahasa yang perlu ditingkatkan karena keahlian ini merupakan salah satu pilar kompetensi berbahasa yang menjadi sasaran utama dari pendidikan bahasa. Fakta menunjukkan bahwa masih banyak mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Muria Kudus yang memiliki kemampuan Reading Comprehension yang kurang baik. Oleh karena itu, sebuah metode cooperative learning akan dikembangkan dalam bentuk penelitian eksperimen dalam rangka memperbaiki proses belajar mengajar mata kuliah Reading. Ini juga dilakukan dalam rangka membantu para mahasiswa untuk mengembangkan keamampuan komunikasi lisan dan juga untuk secara intensif memperkenalkan metode ini kepada para dosen di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Muria Kudus. Penelitian ini menyoal penggunaan pendekatan Student Centered Learninng (SCL) di dalam proses belajar mengajar. Cooperative learning sebagai bagian dari pendekatan ini adalah topik utama dari penelitian ini. Penelitian ini bertujuan menentukan sejauh mana keefektifan model cooperative learning untuk meningkatkan kemampuan reading comprehension para mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Universitas Muria Kudus. Dengan menggunakan rancangan penelitian kuasi eksperimen kuantitatif, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil tes reading mahasiswa yang diajar dengan model cooperative learning dengan hasil tes reading mahasiswa yang diajar dengan model tradisional. Temuan ini menunjukkan bahwa model cooperative learning terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan reading mahasiswa