Analisa Penilaian Pengajaran Robotika di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 2, Serpong
Daftar Isi:
- Telah dilakukan pelatihan tentang teknologi robotika di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2, Serpong, Tangerang. Pelatihan ini memberikan pengajaran tentang perakitan robot pengikut garis (Line Follower Robot). Materi yang diberikan kepada berkaitan dengan pengajaran perakitan elektronika dan pengajaran pemrograman untuk menggerakkan robot. Makalah ini menjelaskan analisa penilaian pengajaran robotika yang dilakukan pada 29 orang pelajar. Metode penilaian dilakukan dengan ujian tertulis yang berisi pertanyaan dengan pilihan berganda. Jumlah pertanyaan yang diberikan sebanyak 12 butir pertanyaan mengenai robotika yang dilakukan setelah proses pengajaran. Penilaian yang diberikan berbentuk uji validitas, tingkat kesukaran soal, serta daya pembeda sehingga ketiga analisa ini akan memberikan rekomendasi penggunaan soal.
- It has been conducted the robotic technology workshop at the vocational school of Muhammadiyah 2, District of Serpong, Municipality of Tangerang, Province of Banten. The training gives the teaching about the design of line follower robot. The content of subject related to the teaching of the electronic assembly and the teaching program for moving the robot. This paper describes the assessment analysis of robotic teaching that is conducted by 29 peoples of student. The assessment method is carried out with the writing test that content of multiple choice questions. The sum of the questions is given the amount of 12 items about the fundamental of robotic where it’s implemented after the teaching process. The assessment format performs the validity test, difficulty level, power of different therefore these analyses will give the recommendation on the application of the test items.