THE INFLUENCE OF MARKETING MIX TOWARD CONSUMER DECISION IN CHOOSING PRODUCT (Case Study at Madani Tour and Travel, Jakarta, Period January-April 2014)
Main Authors: | Cahyo, Eko Nur; Universitas Darussalam Gontor, nada, Naqiatun; Universitas Darussalam Gontor |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Darussalam Gontor
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/ijtihad/article/view/1250 https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/ijtihad/article/view/1250/928 |
Daftar Isi:
- Pemasaran memainkan peran kunci dalam menghadapi tantangan kemajuan zaman atas keadaan ekonomi yang tak kenal ampun. Salah satu konsep utama yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan dalam pemasaran adalah perencanaan terperinci atas bauran pemasaran, yang terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi. Selain itu, pemasar juga harus tahu bagaimanaperilaku keputusan konsumen dalam memilih produk. Madani Tours dan Travel, sebagai salah satu dari perusahaan-perusahaan tersebut, juga dituntut untuk tetap bertahan di antara agen-agen perjalanan haji dan umrah lain di Jakarta, sebagai salah satu kota besar di Indonesia. Haji dan umrah, sebagai produk utama, selalu menjadi produk yang paling menarik bagi setiap muslim. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran secara simultan dan parsial terhadap keputusan konsumen dalam memilih produk di Madani Tours dan Travel, dan untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh di dalamnya. Sumber data penelitian ini adalah: sumber utama berupa informasi langsung dari Madani Tours dan Travel serta jawaban responden dari kuesioner. Sedangkansumbersekunderdiperolehdari data-data yang mendukungsumberutama.Teknikpengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniadalahkuesioner, wawancaradandokumentasi.Sedangkanmetodeanalisis data adalahanalisisregresi linier berganda, F-test dan t-test. Hasil analisis data dengan F-test menunjukkan bahwa bauran pemasaran bersamasama meliputi produk, tempat, harga dan promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam memilih produk. Ini ditunjukkan dengan nilai signifikan α 0,000 < 0,05. Sementara menurut t-test, produk dan tempat memiliki pengaruh yang tidak signifikan, terbukti dengan nilai t-hitung lebih rendah dari t-tabel (produk 1.783 < 2,011 dan tempat 0.068 < 2.011). Akan tetapi harga dan promosi memiliki pengaruh yang signifikan, terbukti dengan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel, (promosi 3.380 > 2.011 dan harga 2.136 > 2.011). Hasil uji koefisien determinasi atau nilai Adjusted R square adalah 65,7%. Hal ini mengidentifikasikan bahwa variabel bebas memiliki kemampuan untuk menjelaskan variabel terikat sebesar 65,7%, sedangkan sisanya 34,3% (100% - 65,7% = 34,3%) dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar model analisis regresi. Variabel yang paling berpengaruh pada keputusan keputusan dalam memilih produk adalah promosi, hal itu ditunjukkan dengan nilai β (beta) 0.437.