PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS VERBAL ANAK SEKOLAH (Studi kasus pada siswa kelas IV-V di MI Negeri Kauman Utara Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang)

Main Author: Nuri Makrifah
Format: CD-ROM
Bahasa: ind
Terbitan: Stikes Icme , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.stikesicme-jbg.ac.id//index.php?p=show_detail&id=4438
Daftar Isi:
  • PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS VERBAL ANAK SEKOLAH (Studi kasus pada siswa kelas IV-V di MI Negeri Kauman Utara Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang)Nuri Makrifah*Endang yuswatiningsih**Anna kurnia ***ABSTRAKMasa anak merupakan masa yang tepat untuk mengembangkan berbagai potensi termasuk potensi berbahasa yaitu kreativitas verbal. Kreativitas verbal pada anak kurang dirangsang dan dikembangkan dalam sistem pendidikan, karena yang dilatih hanya pengetahuan, ingatan dan kemampuan berpikir logis. Untuk itu dibutuhkan stimulasi, salah satunya adalah senam otak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam otak terhadap peningkatan kreativitas verbal anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pra Eksperiment dengan rancangan pre and post test group designs. Populasi dalam penelitian semua siswa kelas IV-V di MI Negeri Kauman Utara Jombang, dengan jumlah sampel 39 responden. Tehnik pengambilan sampel menggunakan Stratified proportional random sampling.Variabel independen yaitu senam otak dan variabel dependen peningkatan kreativitas verbal anak sekolah. Senam otak diberikan setiap hari, selama 1 minggu. Alat ukur menggunakan tes kreativitas verbal. Pengolahan data menggunakan editing, scoring, coding dan tabulating. Uji analisis statistic yang digunakan yaitu uji Wilcoxon-test. Hasil penelitian menunjukkan sebelum diberikan senam otak, kreativitas verbal yang di dapat kurang kreatif sebanyak 36 responden (92,3%), dan yang cukup kreatif sebanyak 3 responden (7,7). Sesudah diberikan senam otak, hasil kreativitas verbal ada peningkatan yaitu kreatif sebanyak 39 responden (100%). Hasil uji Wilcoxon-test dengan tingkat kesalahan ?=0,05 didapatkan bahwa Pvalue = 0,000 < 0,05 yang artinya H1 diterima. Kesimpulannya dalam penelitian ini adalah ada pengaruh senam otak terhadap peningkatan kreativitas verbal anak sekolah kelas IV-V di MI Negeri Kauman Utara Jombang, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang.Kata Kunci : kreativitas verbal, senam otak.