PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TWO STAY TWO STRAY :DUA TINGGAL DUA BERTAMU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 20 Bandung Tahun Ajaran 2012-2013

Main Author: KURNIATI, Rini
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.upi.edu/7904/1/s_pek_0700424_table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/7904/2/s_pek_0700424_chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/7904/3/s_pek_0700424_chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/7904/4/s_pek_0700424_chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/7904/5/s_pek_0700424_chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/7904/6/s_pek_0700424_chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/7904/7/s_pek_0700424_bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/7904/
http://repository.upi.edu
Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi, yang dipengaruhi oleh faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor eksternal adalah penggunaan model pembelajaran selama proses belajar mengajar. Banyaknya para pengajar yang menggunakan model pembelajaran konvensional berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, dimana siswa merasa kurang termotivasi ketika belajar di kelas dan cenderung merasa bosan yang berakibat pada hasil yang dicapai siswa. Hal ini perlu segera di atasi salah satunya dengan penggunaan model pembelajaran yang inovatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas ekperimen yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning teknik Two Stay Two Stray dan siswa kelas kontrol yang menggunakan model konvensional (ceramah). Metode yang digunakan adalah metode eksperimen kuasi. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh metode Two Stay Two stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi menunjukkan bahwa hasil belajar pada kelompok eksperimen berbeda dengan nilai hasil belajar pada kelompok kontrol. Hasil belajar pada kelompok eksperimen menunjukkan nilai rata-rata yang lebih baik daripada hasil belajar pada kelompok kontrol. Kata kunci: metode Two Stay Two Stray dan hasil belajar