PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE INQUIRY BASED LEARNING (CIBL) MENGGUNAKAN SIMULASI PHET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN HARMONIK
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif peserta didik pada materi getaran harmonik dan model pembelajaran yang digunakan masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian untuk memperoleh gambaran peningkatan kemampuan kognitif peserta didik dengan menerapkan model collaborative inquiry based learning (CIBL) menggunakan simulasi PhET. Metode yang digunakan adalah pre-experimental design dengan bentuk one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 orang peserta didik kelas X pada salah satu SMA Negeri Kota Bandung. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes kemampuan kognitif dalam bentuk pilihan ganda, lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran, dan angket tanggapan peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan N-Gain dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan kognitif termasuk dalam kategori tinggi. Efektivitas model pembelajaran yang digunakan termasuk dalam kategori tinggi. Keterlaksanaan model pembelajaran yang dilakukan guru termasuk dalam kategori baik. Penerapan model collaborative inquiry based learning (CIBL) menggunakan simulasi PhET dapat meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik, serta mendapatkan respon positif dari peserta didik.