Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya penguasaan diri pada mahasiswa karena karakter yang berbeda-beda, diduga mahasiswa Akademi Tata Boga mengalami kesulitan dalam pelaksanaan praktek kerja lapangan di restoran sehingga mahasiswa harus memahami materi Psikologi Pelayanan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara Psikologi Pelayanan dengan kesiapan praktek kerja lapangan di restoran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik dengan populasi sebanyak 33 orang dan sampel yang digunakan adalah sampel total, yaitu mahasiswa Akademi Tata Boga angkatan 2004 dan 2005 sejumlah 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor Psikologi Pelayanan sebagai variabel X berada pada kategori sangat tinggi dan kesiapan praktek kerja lapangan di restoran sebagai varibel Y berada pada kategori sangat tinggi pula. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis dengan nilai r = 0,757 teruji, artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel Psikologi Pelayanan dengan variabel kesiapan praktek kerja Japangan di restoran. Implikasi tersebut direkomendasikan salah satunya pada mahasiswa agar mempertahankan kondisi yang sudah baik dengan tetap mempe]ajari Psikologi Pelayanan sehingga pada saat praktek kerja lapangan mernberikan yang terbaik bagi diri sendiri dan kampus.