Daftar Isi:
  • Dalam penelitian ini membahas tentang sejaumana implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam pembelajaran pada mata diklat Perencanaan Bangunan Gedung Bertingkat di SMKN 5 Bandung dengan tujuan untuk mcmperoleh data dan informasi tentang implementasi kurikulum tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan penelitian melalui pendekatan kualitatif. Yang menjadi sumber data adalah kepala sekoiah, Wakasek urusan kurikulum, guru-guru, dan siswa. Instrumennya adalah peneliti sendiri. Temuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah masih adanya perbedaan antara implementasi kurikulum yang sesuai menurut aturan kurikulum itu sendiri dengan implementasi kurikulum dilapangan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang menyebabkan proses implementasi kurikulum tidak berjalan dengan seharusnya, seperti kondisi sarana dan prasarana sekoiah yang kurang mendukung, sumber daya manusia itu sendiri dan lain scbagainya sehingga proses implementasi kurikulum masih bersifat kondisional