Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Peran Guru Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Dalam Pembelajaran Menggambar Teknik Dasar di SMKN 5 Bandung”. Penelitian ini beranjak dari asumsi bahwa peran guru sebagai pembimbing bagi siswa perlu peranan yang baik, sehingga tercipta pencapaian kompetensi siswa dalam hal ini menggambar Teknik dasar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai gambaran peran gurum penfapaian kompetensi, serta pengaruh persesi siswa tentang peran guru terhadap pencapaian kompetensi siswa dalam pembelajaran menggambar Teknik dasar di SMKN 5 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara perhitungan penelitian populasi, sehingga jumlah sampel 40 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Teknik penggunaan angket sebagai instrument pengumpul data berskala 4, wawancara, dan observasi. Berdasarkan analisis kecenderungan, diketahui bahwa persepsi siswa tentang peran guru termasuk dalam kategori sedang, sedangkan pencapaian kompetensi siswa termasuk dalam kategori baik. Koefisien korelasi antara persepsi siswa tentang peran guru dengan pencapaian kompetensi siswa dalam pembelajaran menggambar Teknik dasar di SMKN 5 Bandung korelasinya tinggi. Untuk taraf signifikansi dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari persepsi siswa tentang peran guru terhadap pencapaian kompetensi siswa dalam pembelajara menggambar Teknik dasar di SMKN 5 Bandung. uji regresi sederhana X atas Y diperoleh persamaan regresi, yaitu yang bersifat positif linier. Hal ini berarti bahwa jika terjadi peningkatan dari persepsi siswa tentang peran guru akan diikuti oleh peningkatan pencapaian kompetensi siswa dalam pembelajarab menggambar Teknik dasar di SMKN 5 Bandung. sumbangan dari persepsi siswa tentang peran guru terhadap pencapaian kompetensi siswa dalam pembelajaran menggambar Teknik dasar di SMKN 5 Bandung termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang peran guru memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pencapaian kompetensi siswa dalam pembelajaran menggambar Teknik dasar di SMKN 5 Bandung.