KONTRIBUSI HASIL BELAJAR MERIAS WAJAH PANGGUNG TERHADAP KESIAPAN MENJADI MAKE-UP ARTIST Penelitian Terbatas pada Peserta didik Program Keahlian Tata Kecantikan Kulit Tingkat 1 SMK Negeri 9 Bandung Tahun Ajaran 2005/2006
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji kontribusi hasil belajar merias wajah panggung terhadap kesiapan menjadi make-up artist. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif analitik. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik Program Keahlian Tata Kecantikan Kulit Tingkat I SMKN 9 Bandung tahun ajaran 2005/2006 dengan sampel total berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar merias wajah panggung dan kesiapan menjadi make-up artist berada pada kriteria tinggi. Hasil belajar merias wajah panggung cukup memberikan kontribusi yang positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi make-up artist. Temuan ini mengandung implikasi bahwa peserta didik telah menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan merias wajah panggung dengan baik dan memiliki kesiapan yang tinggi untuk menjadi make-up artist. Rekomendasi temuan ini yaitu peserta didik diharapkan agar mempertahankan dan lebih meningkatkan keterampilan merias wajah panggung sebagai bekal untuk siap bekerja dan bersaing di dunia kerja bidang kecantikan.