Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai persepsi siswa tentang metode megajar guru dan gambaran motivasi penyelesaian tugas pada pembelajaran diklat perspektid di SMKN 6 Bandung, apakah terdapat hubungan yang signifikan atau tidak. Metode penelitian yang digunakan adalah meyode deskriptif yaitu metode pendekatan penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian ada saat sekarang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan Teknik angket. Adapun yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah siswa yang sedang mengontrak mata diklat perspektid program gambar bangunan di SMKN 6 Bandung. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas untuk variabel X diperoleh X2hitung = 9.121 dan untuk variabel Y diperoleh X2hitung = 10,834 sedangkan untuk X2tabel = 11,3 pada taraf kepercayaan 99%, karena (X2hitung < X2tabel), maka kedua data dinyatakan berdistribusi normal pada taraf kepercayaan 99%, sehingga langkah penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan statistic parametrik. Berdaarkan hasil analisis product momen, dapat disimpulkan bahwa : Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang metode mengajar guru dengan motovasi penyelesaian tugas diklat perspektif di SMKN 6 Bandung. Dari hasil uji kecenderungan diperoleh data persepsi siswa tentang metode mengajar guru 70% menyatakan baik, dan siswa yang memiliki motivasi tinggi dalam penyelesaian tugas diklat perspektif sebanyak 60%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang metode mengajar guru dengan motivasi penyelesaua tugas diklat perspektif, hal ini bisa dilihat dari kedua variabel yang nilainya berbanding lurus