Daftar Isi:
  • Penelitian ini berfungsi untuk mengetahui seberapa besar kontribusi penguasaan mata kuliah teknologi komputer terhadap penyelesaian tugas terstruktur mata kuliah Struktur Beton I pada mahasiswa Teknik sipil JPTB FPTK-UPI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan alat pengumpulan data berupa dokumentasi untuk memperoleh data variabel X (Penguasaan MK. Teknologi Komputer) dan angket untuk memperoleh data variabel Y (Penguasaan Tugas Terstruktur MK. Struktur Beton I padaMahasiswa Program Pendidikan Teknik Sipil). Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa teknik sipil JPTB FPTK-UPI angkatan 1999, 2000, 2001, 2002 dan 2003 yang mengontrak mata kulih Teknologi Komputer dan Mata Kuliah Struktur Beton I, dengan jumlah 40 orang yang diambil dari keseluruhan populasi. Penelitian ini menggunakan statistic non parametrik. Besarnya korelasi yang didapat dari penelitian ini adalah sebesar 0.813 yang memiliki arti mempunyai korelasi sangat tinggi. Besarnya kontribusi penguasaan mata kuliah Teknologi Komputer (Variabel X) terhadap proses penyelesaian tugas terstruktur mata kuliah Struktur Beton I pada mahasiswa program pendidikan teknik sipil JPTB FPTK-UPI (variabel Y) adalah sebesar 66,168%. Hasil pengujian hipotesis menunjukan terdapat kontribusi yang positif dan berarti dari penugasan mata kuliah Teknologi Komputer terhadap penyelesaian Tugas Terstruktur mata kuliah Struktur Beton I pada Mahasiswa Program Pendidikan Teknik Sipil Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan FPTK UPI