Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah kesulitan yang dialami oleh anak tunagrahita ringan dalam memahami konsep uang dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu penulis mencoba menggunakan permainan monopoli sebagai media yang dapat membantu anak tunagrahita ringan dalam mengenal konsep uang dan penggunaannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah pembelajaran dengan menggunakan media permainan monopoli dapat berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan anak tunagrahita ringan dalam mengenal konsep uang dan penggunaannya?". Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak tunagrahita ringan tingkat SMPLB - C dan sampel yang digunakan adalah anak tunagrahita ringan kelas I dan II SMPLB - C dengan teknik pengambilan sampel secara random. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah "One Group Pretest - Posttest Design". Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, sedangkan teknik analisa data menggunakan uji tes rangking bertanda Wilcoxon. Berdasarkan temuan-temuan dilapangan dan pengujian hipotesis, maka diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kemampuan anak tunagrahita dalam mengenal konsep uang dan penggunaannya mengalami peningkatan setelah digunakan permainan monopoli. Hal ini menunjukkan bahwa permainan monopoli dapat meningkatkan kemampuan anak tunagrahita ringan kelas I dan II SMPLB - C Sumber Sari dalam mengenal konsep uang dan penggunaannya. Pengajaran berhitung dalam permainan monopoli ini menanamkan latihan-latihan secara berulang-ulang. yang dapat mengembangkan proses berpikir anak tunagrahita ringan.. Penulis menyarankan agar guru-guru di SLB - C Sumber Sari Bandung khususnya dan guru-guru di SLB - C pada umumnya dapat menerapkan permainan monopoli dalam pembelajaran matematika khususnya pengenalan konsep uang dan penggunaannya.