Daftar Isi:
  • Saat pandemik covid-19 pembelajaran dilaksanakan dari rumah, sehingga guru dituntut mampu merencanakan kegiatan pembelajaran yang lebih sederhana, lebih kreatif dan lebih efektif. PjBL merupakan salah satu model pembelajaran yang dianjurkan pemerintah. Untuk mencapai keterampilan abad 21, implementasi model PjBL dilakukan dengan pendekatan STEM yang dilakukan dari rumah. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penerapan STEM from home dengan model PjBL terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design dengan menganalisis N-gain penguasaan konsep hidrosfer dan keterampilan berpikir kreatif. Partisipan penelitian adalah siswa SMP kelas VII yang berjumlah 30 orang. Penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif sebagai hasil implementasi melalui STEM from home diukur dengan instrumen soal pilihan ganda dan essay. Penerapan STEM from home dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan STEM from home dengan model PjBL dapat meningkatkan penguasaan konsep yang ditandai dengan adanya rata-rata N-Gain berkategori sedang (0,62), yang diperoleh dari rata-rata nilai prestest berkategori cukup (61,78) meningkat menjadi berkategori baik sekali (83,78) dari rata-rata nilai posttest. Selanjutnya penerapan STEM from home dengan model PjBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif, yang ditandai dengan adanya rata-rata N-Gain berkategori sedang (0,60), yang diperoleh dari rata-rata nilai pretest berkategori sedang (46,53) meningkat menjadi berkategori baik (77,20) dari rata-rata nilai posttest. Selain itu diperoleh rata-rata nilai siswa dalam proses pembuatan produk kreatif berkategori sangat baik (85,00) dan rata-rata nilai siswa pada produk kreatif berkategori sangat baik juga (81,00). Dengan demikian penerapan STEM from home dengan model PjBL dapat meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif siswa.