PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DENGAN KONSEP GAMIFIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI SMK NEGERI 4 BANDUNG
Daftar Isi:
- Berdasarkan observasi proses transisi metode pembelajaran yang semula dilakukan secara luring (tatap muka langsung) menjadi pembelajaran daring membuat minat belajar siswa di SMK Negeri 4 Bandung menurun. Sehingga dibutuhkan upaya membangkitkan minat belajar siswa saat melaksanakan pembelajaran secara daring. Konsep gamifikasi merupakan suatu konsep yang menerapkan mekanik yang ada pada game untuk digunakan pada konteks non-game, konsep ini dapat diterapkan pada media pembelajaran E-Learning sebagai salah satu solusi untuk membangkitkan minat belajar siswa di SMK Negeri 4 Bandung. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu (1) mengembangkan E-Learning berbasis MOODLE dengan konsep gamifikasi sebagai media pembelajaran daring di SMK Negeri 4 Bandung, (2) mengetahui respon siswa terhadap E-Learning berbasis MOODLE dengan konsep gamifikasi sebagai media pembelajaran daring di SMK Negeri 4 Bandung, dan (3) mengetahui minat belajar siswa setelah menggunakan E-Learning berbasis MOODLE dengan konsep gamifikasi sebagai media pembelajaran daring di SMK Negeri 4 Bandung. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan melalui lima tahapan yaitu, analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Partisipan pada penelitian ini adalah dua orang Guru SMKN 4 Bandung sebagai konsultan materi, satu orang pengembang LMS SMKN 4 Bandung, satu orang pengembang LMS berbasis MOODLE sebagai konsultan media, dan 36 siswa kelas X Teknik Elektronika 1 yang sedang memperoleh mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Elektronika. Respons yang diberikan oleh siswa terhadap hasil pengembangan media pembelajaran E-Learning berada pada kategori sangat puas dengan persentase 86% diikuti dengan minat belajar siswa yang berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 86% pada pertemuan pertama dan 87% pada pertemuan kedua. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran E-Learning berbasis MOODLE dengan konsep gamifikasi dapat digunakan sebagai media pembelajaran daring di SMK Negeri 4 Bandung.