Daftar Isi:
  • Adanya kebijakan pembelajaran jarak jauh yang dikeluarkan oleh kementrian pendidikan pada masa pandemic menyebabkan dapak positif dan negatif bagi pembelajaran peserta didik. Berdasarkan hasil studi lapangan awal pada SMP N 1 Lembang peserta didik kelas 7 maka didapatkan konsisi bahwa peserta didik mengalami penurunan semangat minat belajar, oleh karena itu diperlukan upaya untuk meningkatkan minat peserta didik. Salah satu upaya untuk meningkatkan minat belajar peserta didik adalah dengan menghadirkan media pembelajaran yang menarik dan merangsang rasa ingin tahu peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghadirkan media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperiment. Menggunakan instrument berdasarkan indikator minat belajar dan hasil belajar peserta didik untuk mengukur minat peserta didik. berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil penelitian penggunaan tayangan Jejak Petualang Trans7 memiliki pengaruh terhadap minat belajar dan hasil belajar peserta didik. the existence of a distance learning policy issued by the ministry of education during the pandemic caused positive and negative impacts for studensts. based on the result of the initial filed study at SMP N 1 Lembang for 7th grade student, it was found that the condition of students had decreased interest in learning, therefore efforts werw needed to increase student interest in learning. One of the efforts to increase students interest in learning is to present interesting learning media and stimulate students curiousty. Thist study aims to present interesting learning media for student. this study uses a quantitative approach with a quasi-e-xperimental method. Using instruments based on indicators of learning interest and student learning outcomes to measure student interest. base on the research that has been done, it is found that the result of research using the Jejak Petualang Trans7 have an influence on students interest in learning and and learning outcomes.