PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERPROGRAM TIPE BERCABANG BERBASIS APLIKASI POWERPOINT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS (Studi Kuasi Eksperimen di Kelas VIII SMP Pasundan 4 Bandung)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan bahan ajar berprogram tipe bercabang berbasis aplikasi PowerPoint terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS, serta untuk mengetahui tingkat efektivitas bahan ajar berprogram tipe bercabang berbasis aplikasi PowerPoint di Kelas Eksperimen dan bahan ajar buku teks di Kelas Kontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Experimental Design, serta menggunakan teknik sampel probability sampling bentuk cluster sampling dengan pengujian menggunakan aplikasi SPSS v20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan bahan ajar berprogram tipe bercabang berbasis aplikasi PowerPoint terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Tingkat efektivitas dari bahan ajar berprogram tipe bercabang berbasis aplikasi PowerPoint yang berada pada tingkat tidak efektif dengan peningkatan motivasi belajar peserta didik 39,107%. Serta bahan ajar buku teks juga berada pada tingkat tidak efektif dengan peningkatan motivasi belajar peserta didik 22,724%. Kedua bahan ajar tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS, akan tetapi peningkatan tersebut berada pada tingkat yang tidak efektif. Kata kunci: bahan ajar berprogram tipe bercabang, motivasi belajar, PowerPoint This study aims to analyze the effect of using branched type programming teaching materials based application PowerPoint onon students' learning motivation in social studies learning, as well as to determine the level of effectiveness of branching type programming teaching materials based application PowerPoint onin the Experimental Class and textbook teaching materials in the Control Class. This study uses a quantitative approach with research methods Quasi Experimental Design, and uses a probability sampling technique in the form of cluster sampling with testing using the SPSS v20 application. The results of the study indicate that there is an effect of using branched-type programmatic teaching materials basedapplication PowerPoint on students' learning motivation in social studies learning. The level of effectiveness of the branched-type programmatic teaching materials application-based PowerPoint which is at an ineffective level with an increase in students' motivation to learn 39.107%. As well as textbooks teaching materials are also at the ineffective level with an increase in students' learning motivation 22.724%. The two teaching materials can increase students' learning motivation in social studies learning, but the increase is at an ineffective level. Keywords: branching type program teaching materials, learning motivation, PowerPoint