Daftar Isi:
  • Kualitas pembelajaran adalah suatu tingkatan pencapaian dari tujuan pembelajaran. Transormasi pembelajaran luring menjadi pembelajaran daring menuai banyak hal-hal baru pada dunia pendidikan. Guru bukan hanya dituntut mampu menyajikan pembelajaran secara offline saja. Namun sebaiknya setiap guru mampu menyajikan pembelajaran secara online dan disesuaikan juga dengan kondisi siswanya. Peneliti melihat perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar dalam mengukur kualitas pembelajaran selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menerapkan metode analisis deskriptif dan menggunakan uji statistik persentase dan regresi. Sampel penelitian terdiri dari 8 guru geografi beserta 94 peserta didiknya kelas 11 IPS dari sekolah berbeda di Kota Bandung dengan mengumpulkan sejumlah dokumen, kuesioner, wawancara, dan studi literatur, Hasilnya penelitian diperoleh sebagian besar kualitas pembelajaran di sekolah berkualitas tinggi, dan sebagian kecil kualitas pembelajaran di sekolah lainnya berkualitas cukup. Selain itu, hanya separuh hasil belajar peserta didik telah melampaui KKM dan separuh peserta didik lainnya masih belum melampaui KKM karena dipengaruhi sangat kuat oleh faktor internal dan eksternal. Dengan demikian saran peneliti dalam membangun pendidikan yang bermutu masih harus dievaluasi oleh satuan pendidikan dan untuk seluruh guru sebaiknya mampu mengembangkan keterampilan pengajaran.