UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI PENYAJIAN DATA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK: Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VI SDN Tegalsari Kecamatan Cikalongkulon Kabupaten Cianjur
Daftar Isi:
- Latar belakang penulisan skripsi ini berdasarkan temuan di kelas, dimana pemahaman siswa terhadap materi penyajian data ini masih kurang, hal ini disebabkan oleh pendekatan yang belum tepat. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah peneliti melakukan penelitian dengan judul “Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Penyajian Data Melalui Pendekatan Realistik”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : bagaimana Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pemahaman siswa terhadap materi penyajian data dengan menggunakan pendekatan Matematika Realistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VI SDN Tegalsari sebanyak 29 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa pemahaman siswa terhadap materi Penyajian Data dengan menerapkan pendekatan matematika realistik meningkat. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata skor siswa yang meningkat dimana pada siklus I yaitu 60,86 menjadi 78,06 pada siklus II. Kemudian peningkatan juga dapat dilihat dari indeks rata-rata gain sebesar 0,455 yang berada pada kategori sedang.