PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERMASALAHAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Daftar Isi:
- Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengungkappenggunaan media audio visual (video) dapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswapadapembelajaran IPS materipermasalahansosial di kelas IV SDN Pagerwangi 1 Lembang.Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas (Classroom Action Research).Model penelitian yang digunakanadalah model Kemmis&McTaggart. Penelitianinidilakukandalam 2 siklusdenganfokuspenelitianyaitumeningkatkanhasilbelajardanaktivitassiswadalammateripermasalahan social melaluipenggunaan media audio visual (video).Berdasarkanhasilpenelitian, diperoleh data bahwapadasiklus I aktivitassiswamencapai77,5% yang termasukkedalamkategori “baik” danmeningkatpadasiklus II menjadi 91,25% dantermasukkedalamkategori “sangatbaik”. Kemudiannilai rata-rata tespadasetiapsiklusmengalamipeningkatan yang sangatbaik.Padasiklus I nilai rata-rata siswaadalah 65,38denganpersentaseketuntasanbelajar 51,28%, padasiklus II nilai rata-rata 82,17 denganpersentaseketuntasanbelajarmencapai 89,74%. Berdasarkanhasilobservasidarisetiapsiklusdapatdisimpulkanbahwapenggunaan media audio visual dapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswadalampembelajaran IPS materipermasalahansosial.