PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG BENDA DAN KEGUNAANNYA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS II SDPN SABANG KOTA BANDUNG
Daftar Isi:
- Penelitian yang dilakukan bermaksud untuk memperbaiki pembelajaran IPA di sekolah dasar. Kebanyakan saat ini pembelajaran IPA kurang memuaskan, salah satu penyebabnya yaitu kurang bervariasi metode yang digunakan sehingga hasil belajar siswa masih belum mencapai KKM yang diharapkan. Berdasarkan hal tersebut, salah satu upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan iklim pembelajaran IPA yaitu dengan menerapkan pembelajaran berbasis lingkungan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahnnya dirumuskan sebagai berikut yaitu : (1) Bagaimanakah perencanaan pelaksanaan pembelajaran berbasis lingkungan di kelas II ?, (2) Bagaimanakah aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran berbasis lingkungan di kelas II ?, dan (3) Bagaimana peningkatan hasil belajara siswa kelas II dengan menerapkan pembelajaran berbasis lingkunga ?. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus, setiap siklus 1 kali penampilan yang diakhiri dengan evaluasi untuk mengetahui hasil belajar dan pemahaman siswa terhadapa konsep materi yang telah diberikan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang berarti dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Hasil penilaian menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata yaitu 78,33, siklus II memperoleh nilai rata-rata yaitu 81, 42 dan siklus III memperoleh nilai rata-rata yaitu 84,52. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran berbasis lingkungan tentang benda dan kegunannya dalam pembelajaran IPA di kelas II sekolah dasar terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas SD selanjutnya dapat memacu semangat untuk mulai melaksanakan penelitian dengan mengembangakan pendekatan – pendekatan pembelajran yang beragam dengan lebih kreatif.