MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERWAWASAN LINGKUNGAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilator belakangi berdaarkan penemuan-penemuan dilapangan khususnya di kelas IV SD Negeri Wangun dalam mengajar kurang menggunakan pendekatan pembelajaran yang dapat melibatkan siswa aktif dalam belajarnya, sehingga terkesan guru hanya “menyuapi” siswa dengan materi-materi yang diajarkan, 60% siswa masih dibawah KKM 60 dengan nilai rata52. Berdasakan latar belakang tersebut, dilakukan peneletian tindakan kelas dengan menggunkan pendekatan Contextual Teaching and Learning Berwawasan Lingkungan, yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Wangun. Adapun manfaat hasil penelitian dapa tmeningkatkan mutu pendidikan dan kemampuan guru dalam melakukan pembaharuan pembelajaran di kelas, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SD Negeri Wangun Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur yang terdiri dari 24 orang siswa. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi, wawancara, penilaian proses, catatan lapangan, LKS, serta lembar evaluasi. Hasil penelitian menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning Berwawasan Lingkungan dalam pembelajaran IPS mengalami peningkatan. Dilihat dari pengalaman, siswa dapat menjawab dengan baik pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan guru baik dalam kesiatan apersepsi, kegiatan kelompok, mauoun tes akhir. Siswa lebih aktif, antusias, kerjasama, dan menghargai masing-masing anggota kelompok sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Meskipun ada beberapa siswa mendapat nilai di bawah rata-rata, secara keseluruhan nilai belajar siswa dapat terlihat pada siklus I Tindakan II 80,83, dan pada siklus II Tindakan II 93,33, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Wangun melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berwawasan Lingkungan mengalami peningkatan.