Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya literasi dasar sebagai bekal kesiapan anak di masa depan karena kemampaun ini menjadi fondasi bagi penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi di era modern. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran umum praktik pendampingan pembelajaran literasi dasar yang dilakukan oleh orang tua dalam masa belajar dari rumah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan observasi, dengan partisipan tiga orang tua peserta didik serta dua guru kelas di TK Al-Ishlah. Karena orangtua sebagai lingkungan terdekat dengan anak memegang peranan penting selama mendampingi anak belajar dari rumah selama pandemic covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gambaran umum praktik pendampingan pembelajaran literasi dasar oleh orang tua dalam masa belajar dari rumah dilihat dari stimulasi-stimulasi yang dilakukan orang tua, literasi dasar yang dimaksud diantaranya literasi baca-tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, literasi budaya dan kewargaan dengan cara yang bervariasi dan menyenangkan sebagai upaya mengembangkan kemampuan literasi dasar. Selain itu, kualitas interaksi dan kesadaran orang tua sangat penting dalam mengembangkan literasi dasar; (2) faktor pendukung pendampingan pembelajaran literasi dasar, yaitu tersedianya media dan lingkungan yang memadai serta waktu yang berkualitas; (3) faktor penghambat pendampingan pembelajaran literasi dasar yaitu rasa bosan anak ketika belajar di rumah.