PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DI KELAS IV SDN CIBEBER I KECAMATAN CIBEBER KABUPATEN CIANJUR: Penelitian Tindakan Kelas Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN Cibeber I Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur

Main Author: Yulianti, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.upi.edu/63646/1/s_pgsd_1008040_table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/63646/2/s_pgsd_1008040_chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/63646/3/s_pgsd_1008040_chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/63646/4/s_pgsd_1008040_chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/63646/5/s_pgsd_1008040_chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/63646/6/s_pgsd_1008040_chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/63646/7/s_pgsd_1008040_bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/63646/8/s_pgsd_1008040_appendix.pdf
http://repository.upi.edu/63646/
http://repository.upi.edu
Daftar Isi:
  • Pada dasarnya ilmu pengetahuan sosial adalah mata pelajaran yang penting untuk dipelajari. Namun sebagian siswa beranggapan bahwa pelajaran ilmu pengetahuan sosial sangat membosankan. Karena kebanyakan guru memberikan pelajaran ilmu pengetahuan sosial tanpa menggunakan metode ataupun media pembelajaran yang menyenangkan. Padahal penggunaan metode yang tepat dapat meningkatkan aktivitas siswa, seperti penggunaan metode diskusi dalam proses belajar mengajar misalnya dalam perkembangan teknologi komunikasi. Kehadiran metode dan media mempunyai arti yang cukup penting dalam proses belajar mengajar, karena dalam kegiatan belajar mengajar ketidakjelasan materi pembelajaran yang disampaikan dapat dibantu dengan kehadiran media perantara. Kerumitan bahan yang akan disampaikan kepada anak didik dapat disederhanakan dengan bantuan media. Dengan kata lain media dapat mewakili sesuatu yang tidak dapat disampaikan guru via kata-kata atau kalimat. Metode yang digunakan dapat efektif dan efisien apabila seorang guru memperhatikan beberapa hal antara lain : kesesuaian dengan tujuan, kemudahan guru dalam menggunakan metode dan kemampuan berfikir siswa. Sehingga dapat mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran serta dapat meningkatkan kemampuan berfikir dan daya kreativitasnya. Salah satu rendahnya nilai prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial kelas IV SDN Cibeber I adalah belum optimalnya pemilihan metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran selama ini. Namun setelah menggunakan metode diskusi pemahaman siswa mulai meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukan bahwa persentase ketuntasan pada siklus I adalah 53,84% (kurang baik) pada siklus II meningkat menjadi 76,92% (cukup baik) dan siklus III meningkat lagi menjadi 96,15% (sangat baik). Terjadi peningkatan rata-rata nilai postest siklus I ke siklus II dan postest siklus II ke postest siklus III. Metode diskusi dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada sub pokok bahasan perkembangan teknologi komunikasi sangat membantu guru dalam penyampaian materi pembelajaran.