Daftar Isi:
  • Latar belakang dari penelitian ini adalah, pencapaian KKM kelas IV-A yang masih rendah yaitu 60.53% siswa belum mencapai rata-rata KKM. Proses pembelajaran yang membosankan dan kurangnya pelatihan keterampilan proses yang diberikan kepada siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan empat tahap tindakan yang dilakukan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Terdapat dua hasil dari peneitian ini yaitu proses pembelajaran yang diamati adalah aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa yang dilihat berdasarkan hasil tes formatif sesudah akhir pembelajaran. Penelitian tindakan kelas dengan penggunaan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar siswa mampu meningkatkan hasil belajar siswa dari rata-rata siklus I 54.06 menjadi 82 pada siklus II. Oleh karena keberhasilan peneliti dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen maka, peneliti merekomendasikan kepada guru-guru lain agar memasukan metode eksperimen sebagai salah satu dari sekaian banyak metode yang efektif bagi proses pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.