PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN SELF-REGULATION DALAM PROSES BELAJAR SISWA Penelitian Pra-Eksperimen terhadap Siswa Kelas X SMA Pasundan 8 Bandung Tahun Ajaran 2011/2012
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena mengenai penguasaan kemampuan self-regulation pada siswa di sekolah. Gejala yang teramati antara lain ada sebagian siswa yang mengerjakan pekerjaan rumah di sekolah sebelum jam pelajaran dimulai. Gejala ini muncul diduga akibat belum optimalnya perkembangan self-regulation dalam diri siswa yang apabila difasilitasi dengan program bimbingan belajar cenderung akan lebih optimal. Tujuan penelitian ini adalah menguji efektivitas program bimbingan belajar yang telah disusun untuk meningkatkan self-regulation dalam proses belajar siswa. Secara khusus, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empiris tentang 1) gambaran umum self-regulation siswa kelas X SMA Pasundan 8 Bandung tahun ajaran 2011/2012, 2) perubahan penguasaan kemampuan self-regulation siswa setelah diberi perlakuan, 3) efektivitas program bimbingan belajar yang telah dirumuskan untuk meningkatkan self-regulation dalam proses belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen. Pengumpulan data menggunakan angket pengungkap self-regulation yang kemudian dijadikan dasar penyusunan program bimbingan belajar untuk meningkatkan self-regulation siswa. Hasil penelitian menunjukkan program bimbingan belajar efektif untuk meningkatkan self-regulation siswa di sekolah. Rekomendasi bagi guru Bimbingan dan Konseling di sekolah adalah untuk mengintegrasi program bimbingan belajar untuk meningkatkan self-regulation siswa ke dalam program bimbingan dan konseling di sekolah.