PROFIL KETERAMPILAN MENJALIN RELASI PERTEMANAN MAHASISWA (Suatu Studi Ke arah Pengembangan Program Bimbingan Pribadi - Sosial Bagi Mahasiswa Univeritas Pendidikan Indonesia Tahun Akademik 2008/2009)
Main Author: | Fitriyah NURDIANIAH, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upi.edu/63434/1/S_PPB_054653_Table_of_content.pdf http://repository.upi.edu/63434/2/S_PPB_054653_Chapter1.pdf http://repository.upi.edu/63434/3/S_PPB_054653_Chapter2.pdf http://repository.upi.edu/63434/4/S_PPB_054653_Chapter3.pdf http://repository.upi.edu/63434/5/S_PPB_054653_Chapter5.pdf http://repository.upi.edu/63434/6/S_PPB_054653_Appendix.pdf http://repository.upi.edu/63434/ http://repository.upi.edu |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena kebutuhan remaja untuk dapat diterima oleh lingkungannya sebagai makhluk sosial, sesuai dengan tuntutan tugas perkembanganya. Tuntutan tugas perkembangan sebagai makhluk sosial. Remaja banyak ditentukan oleh pengaruh lingkungan dan teman sebaya. Hubungan teman sebaya tersebut, memfasilitasi remaja dalam memperoleh keterampilan menjalin relasi pertemanan. Tujuan akhir penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data empiris mengenai profil keterampilan menjalin relasi pertemanan mahasiswa sebagai dasar pengembangan program hipotetik bimbingan dan konseling untuk meningkatkan keterampilan menjalin relasi pertemanan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya keragaman tingkat keterampilan menjalin relasi pertemanan mahasiswa, baik pada dukungan emosional (77.96%), aspek inisiatif (76.64%), menyangkal pernyataan negatif (76.20%), pengungkapan diri (72.65%), dan manajemen konflik (68.61%). Informasi ini diharapkan yang bermanfaat bagi Universitas Pendidikan Indonesia dalam membuat kebijakan yang dapat memfasilitasi pewujudan keterampilan menjalin relasi pertemanan mahasiswa secara optimal. Selain itu, bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengaplikasikan program bimbingan dan konseling untuk meningkatkan keterampilan menjalin relasi pertemanan mahasiswa dengan pendekatan dan teknik yang lebih bervariasi, sesuai dengan kebutuhan untuk memfasilitasi perkembangan peserta didik dengan tahap perkembangan yang berjenjang.