EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA SUNDA ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK
Main Author: | Ely Kurnia, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upi.edu/63377/5/s_paud_0604614_chapter1.pdf http://repository.upi.edu/63377/6/s_paud_0604614_chapter2.pdf http://repository.upi.edu/63377/1/s_paud_0604614_chapter3.pdf http://repository.upi.edu/63377/2/s_paud_0604614_chapter4.pdf http://repository.upi.edu/63377/3/s_paud_0604614_chapter5.pdf http://repository.upi.edu/63377/4/s_paud_0604614_bibliograpy.pdf http://repository.upi.edu/63377/ http://repository.upi.edu |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Jarangnya penggunaan bahasa Sunda di Kelompok B TK Anugerah Sumedang, Kebiasaan berbahasa Indonesia di dalam keluarga dalam berkomunikasi, Tidak adanya pembelajaran yang secara khusus mengajarkan tentang bahasa Sunda, dan Jarangnya penggunaan metode bermain peran dalam pembelajaran di TK Anugerah. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas metode bermain peran terhadap penguasaan kosakata bahasa Sunda anak di TK Anugerah Sumedang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah pre eksperimen. variabel bebas pada penelitian ini adalah bermain peran, dan variabel terikat pada penelitian ini adalah Penguasaan kosakata bahasa Sunda. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sample. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen yang telah jadi, kemudian di analisa dengan menggunakan computer program Statistical Program For Social Sciences (SPSS) versi 18,00 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata pre test di kelompok B TK Anugerah Sumedang adalah 34,1667 dan post test nya adalah 50,0417. setelah dianalisis menggunakan uji t dependent ternyata sig (2 tailed) sebesar 0,00<0,05. hal tersebut menyatakan bahwa rata-rata data pre test dan data post test adalah berbeda secara signifikan. Kesimpulannya Efektifitas Penggunaan Metode Bermain Peran Makro Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Sunda Anak Usia Taman Kanak-Kanak menunjukan perbedaan yang signifikan meskipun peningkatannya tidak terlalu besar tetapi tetap menunjukan adanya pengaruh. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan para guru Hendaknya memahami karakteristik anak, sehingga pembelajaran bisa dijalankan secara maksimal. Dan hendaknya lebih memahami dan menyesuaikan metode pembelajaran yang cocok bagi anak terutama dalam pembelajaran bahasa Sunda. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya agar dapat menggunakan variabel lain seperti metode bermain peran dengan kosakata bahasa Inggris, bahasa jawa, dan lain sebagainya serta dapat menggunakan metode yang lain,dan waktu penelitiannya juga dapat lebih lama lagi.