PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN IPA TOPIK ENERGI ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA : Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Cibungur Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat
Main Author: | Heri Sumirat, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upi.edu/63184/1/S_PGSD_0609235_Chapter1.pdf http://repository.upi.edu/63184/2/S_PGSD_0609235_Chapter3.pdf http://repository.upi.edu/63184/4/S_PGSD_0609235_Chaper5.pdf http://repository.upi.edu/63184/3/S_PGSD_0609235_Bibliography.pdf http://repository.upi.edu/63184/ http://repository.upi.edu |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Dari hasil observasi yang digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 2 Cibungur ditemukan bahwa proses pembelajaran IPA masih monoton yaitu ceramah dan tanya jawab serta tidak melibatkan siswa secara langsung untuk menghubungkan pengetahuan yang dipelajarinya dengan kehidupan nyata, sehingga pembelajaran kurang bermanfaat bagi siswa serta berdampak pada kurang meningkatnya prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, serta faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa tentang energi alternatif pada pembelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model penelitian adaptasi dari Kemmis dan Mc. Tagart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 36 orang siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama dan kedua terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi dan tindak lanjut. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Data hasil penelitian dianalisis, diolah, dideskripsikan, didiskusikan dan dikaji ulang bersama-sama guru mitra, kemudian direfleksi sebagai bahan pertimbangan pada tindakan selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan menerapkan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan oleh perolehan nilai gain pada siklus I sebesar 10,98 dan siklus II sebesar 23,05. Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran IPA lebih berkaitan dengan kesiapan kemampuan guru dalam mengembangkan pendekatan kontekstual di kelas dan pengelolaan kelas yang kondusif, tetapi dalam dua siklus semua kendala dapat diatasi.