PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI MICROSOFT WORD PADA SISWA SMP KELAS VIII : Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran TIK di SMP Kartika Siliwangi 2 Bandung
Daftar Isi:
- Masalah umum yang dikaji dalam skripsi ini adalah “Apakah terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan tipe STAD terhadap peningkatan penguasaan materi Microsoft Word pada Siswa SMP kelas VIII?” Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen dan desain “Pra-tes dan Pasca-tes dengan Kelompok Pengendali Tidak Acak“ serta instrumen penelitian berupa tes objektif. Data penelitian terlebih dahulu dideskripsikan dan dilakukan pengujian hipotesis kemudian dianalisis. Selanjutnya hasil analisa tersebut dikaji dan dibahas serta dibuat kesimpulan. Populasi dalam penelitian ini yakni siswa-siswi kelas VIII SMP Kartika Siliwangi 2 Bandung yang berjumlah 145 siswa. Sampel yang digunakan adalah Kelas VIII D yang berjumlah 36 siswa (dijadikan sebagai kelas eksperimen) dan kelas VIIIA berjumlah 36 siswa (dijadikan sebagai kelas kontrol). Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu tanpa penugasan random dan menggunakan kelompok yang sudah ada (inact group). Kesimpulan umum yang diperoleh dari penelitian ini menjelaskan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dapat meningkatkan penguasaan materi Microsoft Word pada siswa SMP kelas VIII. Peningkatan penguasaan materi Microsoft Word pada pembelajaran dengan mengggunakan model pembelajaran kooperatif investigasi kelompok lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.