PENGARUH METODE PEMETAAN PIKIRAN(MIND MAPPING) TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING SKILL) ANAK TAMAN KANAK-KANAK Penelitian Kuasi Eksperimen di RA Baitul Huda Kelas B Kec.Baleendah Kab. Bandung Tahun Pelajaran 2012-2013

Main Author: Lina Riska Siti Fatimah, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.upi.edu/62869/1/S_PAUD_0805562_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/62869/2/S_PAUD_0805562_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/62869/3/S_PAUD_0805562_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/62869/4/S_PAUD_0805562_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/62869/5/S_PAUD_0805562_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/62869/6/S_PAUD_0805562_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/62869/7/S_PAUD_0805562_Appendix.pdf
http://repository.upi.edu/62869/
http://repository.upi.edu
Daftar Isi:
  • Penelitianinidilatarbelakangiolehpermasalahanumumrendahnyaketerampilanpemecahanmasalahsainsanak.Penelitianinidilaksanakan di RA Baitul Huda, olehkarenaitudiperlukanstimulasi yang dapatmeningkatkanketerampilanpemecahanmasalahsainsanak, salahsatunyadenganmenggunakanmetodepemetaanpikiran(mind mapping).Metodemind mappingmerupakansalahsatumetode yang dapatmeningkatkanketerampilanpemecahanmasalahsainsanak.Tujuan yang diangkatdalampenelitianiniadalah: untukmengetahuipengaruhmetodepemetaanpikiranterhadapketerampilanpemecahanmasalahsainsanak TK kelompok B. Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganmetodekuasieksperimen. Dalampenelitianiniterdiridari 2kelompokeksperimen yang mendapatkantreatmentberupametodepemetaanpikirandankelompokkontrol yang melakukanpembelajarankonveksional.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis independent test dengan populasi dari seluruh kelas (B3 dan B4)berjumlah 40 anak dan sampel dari kelompok eksperimen 13 anak perempuan dan 7 anak laki-lakisedangkan jumlah sampel kelompok kontrol 11 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Setelahdiberikantreatmentpadakelompokeksperimen yang berupakegiatanpembelajarandenganmenggunakanmetodemind mappingmengalamipeningkatan yang signifikandibandingkandengankelompokkontrol yang tidakdiberikanmind mapping.Berdasarkanhasilpre test,kondisiawalketerampilanpemecahanmasalahsainsanak di RA Baitul Huda masihtermasukkedalamkategorirendah. Hasil penelitian menunjukan peningkatan 60% - 90% dari setiap anak pada kelompok eksperimen. Kesimpulandaripenelitianiniyaitu: mind mappingdapatmemberikanpengaruh yang signifikanuntukmeningkatkanketerampilanpemecahanmasalahsainsanak TK.Adapunrekomendasibagipara guru TK yaitu:metodemind mappingadalahsalahsatumetode yang dapatmeningkatkanketerampilanpemecahanmasalahsainsanak TK, mind mappingmemilikikelebihandankekurangan. Kelebihanmind mappingyaituanakdapatmemetakanisipemikirannyadengancara yang unik, karenamind mappingmemilikiunsurgambar, simbol, warna, dan kata sehinggacatatanakanlebihindahsehinggamenyerupaikaryaseni. Adapunkekuranganmind