PROFIL SELF ESTEEM SISWA KORBAN BULLYING DI SEKOLAH: Studi Deskriptif Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung Tahun Ajaran 2010/2011
Daftar Isi:
- Penelitian dilatar belakangi oleh kecenderungan rendahnya self esteem yang dimiliki oleh korban bullying di sekolah. Penelitian bertujuan untuk memperoleh gambaran umum tentang self esteem siswa korban bullying di SMP Pasundan 3 Bandung pada kelas VIII tahun ajaran 2010/2011. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif. Jumlah populasi adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung, sedangkan sampel penelitian hanya siswa yang menjadi korban bullying saja yaitu sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat self esteem siswa korban bullying di sekolah terbagi menjadi tiga kategori yaitu, tinggi, sedang dan rendah. Mayoritas siswanya berada pada kategori tinggi. Aspek yang tinggi hingga rendah, yang pertama yaitu significance (keberartian), virtue (kebajikan), power (kekuatan) dan aspek yang terakhir adalah competence (kompetensi). Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru bimbingan dan konseling untuk dapat menguji cobakan rancangan program yang dibuat untuk mengembangkan self esteem siswa korban bullying. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk meneliti siswa korban bullying lain dengan latar belakang yang berbeda contoh “cyber bullying”, bullying di pesantren dan tempat-tempat lainnya.