Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang menunjukkan bahwa perilaku bullying sudah sangat meluas di dunia pendidikan dan tanpa disadari apabila kondisi ini dibiarkan maka akibatnya akan sangat fatal, hal tersebut mengisyaratkan bahwa perlunya bentuk penanganan dan intervensi nyata terhadap para pelaku bullying. Penelitian bertujuan menguji efektivitas program bimbingan dan konseling berbasis model transteori untuk menanggulangi perilaku bullying siswa sekolah menengah atas. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pra eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan di SMA Pasundan 8 Bandung dengan mengambil subjek penelitian yakni siswa kelas XI. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t. Intervensi program bimbingan dan konseling berbasis model transteori efektif untuk menanggulangi perilaku bullying siswa sekolah menengah atas.