Daftar Isi:
  • Permasalahan umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimana efektifitas penggunaan game pembelajaran dengan konsep RPG (role playing game) terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan bahan kimia dalam makanan?”. Secara lebih rinci, masalah tersebut terdiri dari: (1) Bagaimana efektifitas penggunaan game pembelajaran dengan konsep RPG (role playing game) dibandingkan dengan buku elektronik terhadap kemampuan siswa ranah kognitif aspek mengingat pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan bahan kimia dalam makanan? (2) Bagaimana efektifitas penggunaan game pembelajaran dengan konsep RPG (role playing game) dibandingkan dengan buku elektronik terhadap kemampuan siswa ranah kognitif aspek memahami pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan bahan kimia dalam makanan? (3) Bagaimana efektifitas penggunaan game pembelajaran dengan konsep RPG (role playing game) dibandingkan dengan buku elektronik terhadap kemampuan siswa ranah kognitif aspek mengaplikasikan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan bahan kimia dalam makanan?Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan adalah jenis tes objektif pilihan berganda sejumlah 28 soal. Dengan rincian 10 soal terkait aspek mengingat, 9 soal terkait aspek memahami dan 9 soal terkait aspek mengaplikasikan. Populasi yang diambil dalam penelitian ini yaitu siswa-siswi SMPN 3 Cibalong. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Cibalong. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling sebanyak 60 orang siswa, dengan rincian 30 orang siswa di kelas eksperimen dan 30 orang siswa di kelas kontrol. Pengolahan data dilakukan dengan langkah : 1) mendeskripsikan data temuan, 2) uji validitas dan reliabilitas, 3) pengujian normalitas data, 4) pengujian homogenitas, 5) pengujian hipotesis, 6) penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan Game Pembelajaran dengan Konsep RPG (Role Playing Game) lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan Buku Elektronik terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan bahan kimia dalam makanan di SMP Negeri 3 Cibalong. Kata kunci: Game Pembelajaran, Hasil Belajar