HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN MOTIVASI PELAJARAN BIOLOGI (Studi Deskriptif Korelasional Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Cilegon Tahun Ajaran 2011-2012)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan berdasarkan rumusan masalah yaitu :1) bagaimanakah gambaran kompetensi pedagogik guru biologi di SMA Negeri 1 Cilegon? 2) bagaimanakah gambaran motivasi belajar siswa kelas XI IPA pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Cilegon? 3) apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Cilegon?Penelitian ini memiliki tujuan untuk 1) mengetahui gambaran kompetensi pedagogik guru biologi di SMA Negeri 1 Cilegon 2) gambaran motivasi belajar siswa kelas XI IPA pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Cilegon dan 3) mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Cilegon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Cilegon Tahun Ajaran 2011-2012 sebanyak 54 siswa. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, dapat diambil kesimpulan bahwa 1) kompetensi pedagogik guru biologi di SMA Negeri 1 Cilegon berada pada tingkat tinggi atau kompetensi pedagogik guru telah sesuai dengan Permendiknas No. 16 Tahun 2007 mengenai Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. 2) motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran biologi berada pada tingkat tinggi dilihat berdasarkan aspek perhatian, kesesuaian, kepercayaan diri dan kepuasan. 3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Cilegon. Berdasarkan pernyataan tersebut maka diberikan rekomendasi yaitu kompetensi pedagogik guru harus lebih ditingkatkan agar motivasi belajar siswa dapat timbul lebih maksimal lagi.