Daftar Isi:
  • Yusuf Nugraha Dano Ali, “Pengaruh Penggunaan Computer-Based Instruction (CBI) Model Simulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Tata Surya”. (Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas IX di SMP Lab School UPI Bandung). Skripsi Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Tahun 2008 Masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah pengaruh Computer-Based Instruction (CBI) model simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif aspek ingatan (C1), aspek pemahaman (C2) dan aspek penerapan (C3). Kajian teoritis yang digunakan berdasarkan konsep pendidikan, pembelajaran, serta konsep pembelajaran berbasis komputer. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen dan desain pretest-posttest serta instrument penelitian berupa tes objektif sebanyak 30 soal dengan 4 alternatif jawaban. Data penelitian terlebih dahulu dideskripsikan dan dilakukan pengujian hipotesis, kemudian di analisis. Selanjutnya hasil analisa tersebut di dikaji dan dibahas serta dibuat kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Lab School UPI Bandung yang terletak di Jln. Dr. Setiabudi Bandung. Populasi yang diambil dalam penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas IX SMP Lab School UPI Bandung Bandung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Lab School UPI Bandung.Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik random sampling, sampel dibagi kedalam dua kelompok yaitu pertama, kelompok eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan Computer-Based Instruction (CBI) model simulasi memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains Fisika ranah kognitif aspek ingatan (C1), aspek pemahaman (C2) serta aspek penerapan (C3). hipotesis dengan hasil “Pembelajaran Sains Fisika di Sekolah Menengah Pertama dengan menggunakan Computer Based Instructional model simulasi lebih baik daripada siswa yang menggunakan media cetak dan dapat dilihat dari perolehan hasil belajar pada ranah kognitif siswa kelas eksperimen yang menggunakan Computer Based Instructional model simulasi lebih tinggi apabila dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan media cetak yang biasa digunakan oleh guru pada kelas kontrol.”.