Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ratno Rivana Hariyandi. pengaruh soal latihan online terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi di sekolah menengah atas (penelitian kuasi eksperimen di SMA Negeri 23 Bandung). Skripsi, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, tahun 2010. Permasalahan umum yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan soal latihan online dengan siswa yang menggunakan LKS pada Mata Pelajaran TIK?”. Permasalahan khusus dalam penelitian ini adalah: 1). Apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan antara siswa yang menggunakan soal latihan online dengan siswa yang menggunakan LKS pada Mata Pelajaran TIK? 2). Apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar aspek pemahaman antara siswa yang menggunakan soal latihan online dengan siswa yang menggunakan LKS pada Mata Pelajaran TIK? 3). Apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar aspek penerapan antara siswa yang menggunakan soal latihan online dengan siswa yang menggunakan LKS pada Mata Pelajaran TIK?. Penelitian ini berupa penelitian kuasi eksperimen sebuah produk media pembelajaran yang berorientasi pada latihan soal online dengan sumber belajar yang dapat di akses secara online. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan adalah jenis tes objektif pilihan berganda sejumlah 25 soal. Dengan rincian 11 soal terkait aspek mengingat, 7 soal terkait aspek memahami dan 7 soal terkait aspek menerapkan. Sampel penelitian diambil berdasarkan cluster random sampling sebanyak 60 orang siswa, dengan rincian 30 orang siswa di kelas eksperimen dan 30 orang siswa di kelas kontrol. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dalam ranah kognitif antara siswa yang menggunakan soal latihan online dengan siswa yang menggunakan LKS pada Mata Pelajaran TIK. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan antara siswa yang menggunakan soal latihan online dengan siswa yang menggunakan LKS pada Mata Pelajaran TIK. 2) Mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar aspek pemahaman antara siswa yang menggunakan soal latihan online dengan siswa yang menggunakan LKS pada Mata Pelajaran TIK. 3) Mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar aspek penerapan antara siswa yang menggunakan soal latihan online dengan siswa yang menggunakan LKS pada Mata Pelajaran TIK. Simpulan secara umum dari penelitian ini adalah model soal latihan online untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi memiliki tingkat peranan yang signifikan dibandingkan Lembar Kerja Siswa (LKS).