Daftar Isi:
  • Penelitian ini menjawab permasalahan penelitian yang telah dirumuskan. Permasalahan dibagi ke dalam dua bagian yaitu pertama, masalah umum “apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis classing bloging dengan siswa yang menggunakan LKS pada ranah kognitif mata pelajaran TIK di SMP?” Kedua, masalah Khusus “Apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis classing bloging dengan siswa yang menggunakan LKS pada ranah kognitif aspek pemahaman (C2) dan Aspek Penerapan (C3) mata pelajaran TIK pokok bahasan penggunaan fungsi matematik perangakat lunak pengolah angka kelas VII di SMP 1 Tanjungsari?” Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Non Equivalent control group menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol tanpa penugasan random. Instrumen yang digunalan berupa tes objektif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Tanjungsari. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster Sampling. Hasil Penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang media pembelajaran berbasis classroom blogging dengan siswa yang menggunakan LKS pada domain kognitif mata pelajaran TIK di SMP. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan blog sebagai sumber belajar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Para Guru khususnya guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) disarankan untuk menggunakan media pembelajaran berbasis classing bloging sebagai sumber belajar siswa agar proses belajar mengajar berlangsung dengan efektif dan efisien sehingga dengan begitu diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.