PENGGUNAAN BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI: Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Garut
Daftar Isi:
- Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan blog dengan siswa yang menggunakan media cetak (gambar) pada ranah kognitif mata pelajaran Biologi?” Permasalahan khusus dalam penelitian ini adalah: 1. Apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan blog dengan siswa yang menggunakan media cetak (gambar) pada ranah kognitif aspek pengetahuan mata pelajaran Biologi? 2. Apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan blog dengan siswa yang menggunakan media cetak (gambar) pada ranah kognitif aspek pemahaman mata pelajaran Biologi? 3. Apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan blog dengan siswa yang menggunakan media cetak (gambar) pada ranah kognitif aspek penerapan mata pelajaran Biologi? Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non equivalent pretest posttest design. Instrumen yang digunakan adalah jenis tes objektif pilihan berganda sejumlah 25 soal. Dengan rincian 7 soal terkait aspek pengetahuan, 10 soal terkait aspek pemahaman, dan 8 soal terkait aspek penerapan. Sampel yang digunakan adalah sampel total sejumlah 60 orang siswa, dengan rincian 30 orang siswa di kelas eksperimen dan 30 orang siswa di kelas kontrol. Kesimpulan umum yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan blog dengan siswa yang menggunakan media cetak (gambar) pada ranah kognitif mata pelajaran Biologi. Kesimpulan khusus dari penelitian ini adalah: 1. Hasil belajar aspek pengetahuan kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini menandakan bahwa penggunaan blog dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan jika dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran tradisional. 2. Hasil belajar aspek pemahaman kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini menandakan bahwa penggunaan blog dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek pemahaman jika dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran tradisional. 3. Hasil belajar aspek pemahaman kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini menandakan bahwa penggunaan blog dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek pemahaman jika dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran tradisional.