Daftar Isi:
  • Permasalahan umum dalam penelitian ini adalah “Apakah Penerapan Metode Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Madrasah Tsanawiyah Al-Inayah Sarijadi Bandung?” Permasalahan khusus pada penelitian ini adalah : 1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas VIII B MTs Al-Inayah Sarijadi Bandung sebelum diterapkannya metode tutor sebaya ? 2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas VIII B MTs Al-Inayah Sarijadi Bandung setelah diterapkannya metode tutor sebaya ? 3) Adakah perubahan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas VIII B MTs Al-Inayah Sarijadi Bandung sebelum dan sesudah diterapkannya metode tutor sebaya pada pokok bahasan membuat dokumen pengolah angka sederhana ? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Desain penelitian yang dipakai adalah One group Pretest-Posttest Design. Dalam desain ini, kelompok yang menjadi subjek penelitian merupakan kelas eksperimen tanpa ada kelas pembanding atau kelas kontrol. Sekelompok subjek diberi perlakuan dalam jangka waktu tertentu dimana sebelum diberi perlakuan, kelompok ini diberi tes awal (pretest) dan setelah diberi perlakuan kelompok ini diberi tes akhir (posttest). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan 4 alternatif jawaban. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Al-Inayah Sarijadi Bandung. Pengujian hipotesis menggunakan Uji-T karena menguji dua rata-rata gain skor pretest dan posttest yang sudah terbukti berdistribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa Kelas VIII B Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Madrasah Tsanawiyah Al-Inayah Sarijadi Bandung Tahun Pelajaran 2010/2011 pada pokok bahasan membuat dokumen pengolah angka sederhana dengan menggunakan metode pembelajaran Tutor Sebaya efektif dalam hal meningkatkan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t atau uji perbedaan dua rata-rata dimana Selisih rata-rata nilai postest eksperimen dengan rata-rata nilai pretest eksperimen adalah 13,77 – 10,49 = 2,97, kemudian dari hasil uji t diperoleh thitung 7.31 > ttabel (2.30) yang berarti H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan antara hasil belajar siswa MTs Al-Inayah Sarijadi Bandung sebelum dan sesudah menggunakan metode tutor sebaya pada pokok bahasan membuat dokumen pengolah angka sederhana.