Daftar Isi:
  • Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan pengaruh pada hasil belajar siswa antara siswa yang menerapkan pendekatan SAVI dengan siswa yang menerapkan pendekatan teori dan praktek pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi?” Permasalahan khusus pada penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat perbedaan pengaruh pada hasil belajar siswa aspek pengetahuan antara siswa yang menerapkan pendekatan pembelajaran SAVI dengan siswa yang menerapkan pendekatan teori dan praktek pada mata pelajaran TIK?; 2) Apakah terdapat perbedaan pengaruh pada hasil belajar siswa aspek pemahaman antara siswa yang menerapkan pendekatan pembelajaran SAVI dengan siswa yang menerapkan pendekatan teori dan praktek pada mata pelajaran TIK?; 3) Apakah terdapat perbedaan pengaruh pada hasil belajar siswa aspek penerapan antara siswa yang menerapkan pendekatan pembelajaran SAVI dengan siswa yang menerapkan pendekatan teori dan praktek pada mata pelajaran TIK? Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Non Equivalent control group menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol tanpa penugasan random. Instrumen yang digunalan berupa tes objektif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 40 Bandung. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster Random Sampling, dengan sampel kelas VIII F dan VIII J. Hasil Penelitian ini adalah terdapat perbedaan pengaruh hasil belajar siswa antara siswa yang menerapkan pendekatan Somatis, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) dengan siswa yang menerapkan pendekatan teori dan praktek pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMPN 40 Bandung. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pendekatan SAVI memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Para Guru khususnya guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) disarankan untuk menggunakan pendekatan SAVI sebagai proses penyampaian materi pembelajaran agar proses belajar mengajar berlangsung dengan efektif dan efisien sehingga dengan begitu diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.